Minggu, 08 Desember 2013

MODUL 7 TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERDAGANGAN JARINGAN ELEKTRONIK



MODUL 7
TEKNOLOGI INFORMASI DALAM
PERDAGANGAN JARINGAN
ELEKTRONIK


Pendahuluan

§  Perdagangan elektronik (e-commerce), merupakan suatu transaksi dagang yang dilakukan secara online dalam suatu jaringan komputer yang tertata dalam database antara pihak penyedia produk dengan pihak yang membutuhkan produk.

§  Walaupun istilah Electronic Commerce baru beberapa tahun terakhir mendapat perhatian, sebenarnya Ecommerce telah ada dalam berbagai bentuk selama lebih dari 20 tahun.

§  Teknologi yang disebut dengan Electronic Data Interchange (EDI) dan Electronic Funds Transfer (EFT) pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1970-an.

§  Pertumbuhan penggunaan kartu kredit, Automated Teller Machines dan perbankan via telepon di tahun 1980-an juga merupakan bentuk-bentuk Electronic Commerce.

§  Komersialisasi dan privatisasi internet yang meningkat beberapa tahun yang lalu, telah menjadi dasar pertumbuhan Electronic Commerce.

§  Di masa lalu, dunia bisnis bisa melakukan aktivitas antara satu dan lainnya melalui jaringan khusus tapi pertumbuhan drastis dari internet telah merubah paradigma tersebut dan akhirnya menjadikannya lebih luas.

§  Electronic Commerce tradisional saat ini bisa dilakukan oleh pendatang baru dengan skala international.


§  Terdapat dua jenis perusahaan yang melakukan bisnis di internet. Jenis yang pertama adalah perusahaan yang semata-mata hanya berada di internet. Perusahaan jenis ini tidak mempunya toko atau melakukan bisnis secara tradisional.

§  Sedangkan jenis perusahaan lainnya menggunakan ecommerce di internet sebagai pengganti kegiatan bisnis yang ada.

§  Contoh jenis perusahaan ini adalah Barnes dan Noble. Selain menjual buku-buku di tokonya ke negara lain, Barnes dan Noble mengoperasikan website-nya dimana konsumen dapat mencari buku-buku yang menarik baginya untuk dibeli, dan kemudian mereka dapat memesannya melalui website tersebut.


KELEBIHAN E-COMMERCE



1.   OTOMATISASI
Proses otomatisasi yang menggantikan proses manual.(“enterprise resource planning” concept)

2.   INTEGRASI
Proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses. (“just in time” concept)

3.   PUBLIKASI
Memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan. (“electronic cataloging” concept)

4.   INTERAKSI
Pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error” (“electronic data interchange/EDI” concept)

5.   TRANSAKSI
Kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lainnya sebagai pihak yang menangani pembayaran. (“electronic payment” concept)


Secara ringkas keuntungan ecommerce tersebut adalah sebagai
berikut :

1.   Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.

2.   Bagi Pengelola bisnis : efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu

3.   Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.












RUANG LINGKUP E-COMMERCE


§  ELECTRONIC BUSINESS, merupakan lingkup aktivitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas.

§  ELECTRONIC COMMERCE, merupakan lingkup perdagangan yang dilakukan secara elektronik, dimana di dalamnya termasuk :
ü  Perdagangan via Internet (Internet Commerce)
ü  Perdagangan dengan fasilitas Web Internet (WebCommerce)
ü  Perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara elektronik  (Electronic Data Interchange/EDI).














Tidak ada komentar:

Posting Komentar