MODUL 7
TEKNOLOGI
INFORMASI DALAM
PERDAGANGAN
JARINGAN
ELEKTRONIK
Pendahuluan
§ Perdagangan elektronik (e-commerce), merupakan suatu
transaksi dagang yang dilakukan secara online dalam suatu jaringan komputer
yang tertata dalam database antara pihak penyedia produk dengan pihak yang
membutuhkan produk.
§ Walaupun istilah Electronic Commerce baru beberapa tahun
terakhir mendapat perhatian, sebenarnya Ecommerce telah ada dalam
berbagai bentuk selama lebih dari 20 tahun.
§ Teknologi yang disebut dengan Electronic Data Interchange
(EDI) dan Electronic Funds Transfer (EFT) pertama kali diperkenalkan pada
akhir tahun 1970-an.
§ Pertumbuhan penggunaan kartu kredit, Automated Teller Machines
dan perbankan via telepon di tahun 1980-an juga merupakan bentuk-bentuk Electronic
Commerce.
§ Komersialisasi dan privatisasi internet yang meningkat beberapa
tahun yang lalu, telah menjadi dasar pertumbuhan Electronic Commerce.
§ Di masa lalu, dunia bisnis bisa melakukan aktivitas antara
satu dan lainnya melalui jaringan khusus tapi pertumbuhan drastis dari internet
telah merubah paradigma tersebut dan akhirnya menjadikannya lebih luas.
§ Electronic Commerce tradisional saat ini bisa dilakukan oleh pendatang baru dengan skala international.
§ Terdapat dua jenis perusahaan yang melakukan bisnis di
internet. Jenis yang pertama adalah perusahaan yang semata-mata hanya berada di
internet. Perusahaan jenis ini tidak mempunya toko atau melakukan bisnis secara
tradisional.
§ Sedangkan jenis perusahaan lainnya menggunakan ecommerce di
internet sebagai pengganti kegiatan bisnis yang ada.
§ Contoh jenis perusahaan ini adalah Barnes dan Noble. Selain
menjual buku-buku di tokonya ke negara lain, Barnes dan Noble mengoperasikan
website-nya dimana konsumen dapat mencari buku-buku yang menarik baginya untuk
dibeli, dan kemudian mereka dapat memesannya melalui website tersebut.
KELEBIHAN E-COMMERCE

1.
OTOMATISASI
Proses otomatisasi yang menggantikan proses manual.(“enterprise resource planning” concept)
2.
INTEGRASI
Proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi
dan efektivitas proses. (“just in time” concept)
3.
PUBLIKASI
Memberikan jasa promosi dan komunikasi atas
produk dan jasa yang dipasarkan. (“electronic
cataloging” concept)
4.
INTERAKSI
Pertukaran data atau informasi antar berbagai
pihak yang akan meminimalkan “human error” (“electronic
data interchange/EDI” concept)
5.
TRANSAKSI
Kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan
transaksi yang melibatkan institusi lainnya sebagai pihak yang menangani pembayaran.
(“electronic payment” concept)
Secara ringkas keuntungan ecommerce
tersebut adalah sebagai
berikut :
1. Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja
cukup pada satu tempat.
2. Bagi Pengelola bisnis : efisiensi,
tanpa kesalahan, tepat waktu
3. Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan,
loyalitas pelanggan.
RUANG LINGKUP E-COMMERCE

§ ELECTRONIC BUSINESS, merupakan lingkup aktivitas perdagangan
secara elektronik dalam arti luas.
§ ELECTRONIC COMMERCE, merupakan lingkup perdagangan yang
dilakukan secara elektronik, dimana di dalamnya termasuk :
ü Perdagangan via Internet (Internet
Commerce)
ü
Perdagangan dengan fasilitas Web Internet (Web‐Commerce)
ü
Perdagangan dengan sistem pertukaran data
terstruktur secara elektronik (Electronic Data Interchange/EDI).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar